Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika
menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar
matematika menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan menentukan
gradien, persamaan-persamaan dan grafik garis lurus siswa kelas VIII SMP PGRI
Selomerto tahun ajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP PGRI Selomerto
tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian berjumlah 71 siswa, pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling cluster random sampling, sampel yang diperoleh ada
dua kelas. Pengambilan data menggunakan tes evaluasi dalam bentuk pilihan ganda.
Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Sebelum data penelitian
yang diproleh dianalisi, dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji
homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan 0,05.
Dari pengambilan data setelah perlakuan diperoleh rataan nilai kelas
eksperimen 60,5714 dan nilai rataan kelas kontrol 52,8056. Uji hipotesis
menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,1112, sedangkan t0,05;69 berdasarkan
tabel sebesar 1,6672. Segingga thitung > t0,05;69, ini berarti thitung . Hal ini
menyebabkan keputusan uji H1 ditrima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan
hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar matematika menggunakan metode konvensional pada pokok
bahasan menentukan gradien, persamaan-persamaan dan grafik garis lurus siswa
kelas VIII SMP PGRI Selomerto tahun ajaran 2012/2013.