Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Materi Lingkaran Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Putri Permata
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:11:25Z
dc.date.available 2018-02-15T08:11:25Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2985
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah prestasi belajar matematika dengan model Pictorial Riddle lebih baik dari pada model konvensional. (2) apakah prestasi belajar matematika dengan karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari karakter mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT). (3) interaksi antara model pembelajaran dengan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelompok eksperimen dan 32 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket karakter belajar dan tes prestasi belajar matematika.Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes prestasi belajar dilakukan dengan korelasi productmoment. Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus KR-20. Sedangkan validitas angket dan relabilitasnya tidak dihitung karena angket karakter belajar pada penelitian ini menggunakan angket yang validitas dan reliabilitasnya sudah dihitung sebelumnya oleh peneliti lain (menggunakan angket dari data yang sudah valid). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar, metode angket untuk data karakter belajar siswa, metode dokumentasi untuk mengetahui nilai Ujian Akhir Semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 jalan sel tak sama, dan sebagai tindak lanjut dari anava dilakukan uji Scheffe. Hasil penelitian dengan α=0.05 menyimpulkan bahwa : (1) Fobs= 13.28 > Ftabel = 4.016 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang dikenai model pembelajaran Pictorial Riddle dan konvensional, kemudian dilihat dari rataan marginalnya maka model pembelajaran Pictorial Riddle lebih baik dari model konvensional. (2) Fobs = 1.075 < Ftabel = 2.776 maka H0 diterima yang berarti semua karakter belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar siswa. (3) Fobs = 1.436 < Ftabel = 2.776 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran PR, Karakter Belajar, Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Materi Lingkaran Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account