Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada Pokok Bahasan Aljabar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Oktafiany, Vera
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:20:42Z
dc.date.available 2018-02-15T08:20:42Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2989
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20. Uji prasarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lillifors, uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett, dan uji keseimbangan menggunakan uji-t. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansinya homogen, dan kedua kelompok berkemampuan seimbang. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,912 lebih besar dari ttabel sebesar 1,667 sehingga H0 ditolak ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject eksperimentasi, TS-TS, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada Pokok Bahasan Aljabar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account