Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 25 Purworejo Tahun 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Rohmah, Uli Aqiatun
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:36:59Z
dc.date.available 2018-02-15T08:36:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2998
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo tahun 2012/2013 pada materi bilangan bulat melalui strategi pembelajaran peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester I (ganjil), yaitu pada bulan Juli-September 2012. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Faktor yang diteliti berupa peningkatan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Instrumen soal yang diujikan berbentuk pilihan ganda dan telah diuji validitas isinya oleh validator sebanyak 3 orang yaitu guru matematika yang semuanya berasal dari SMP N 25 Purworejo. Peneliti juga menghitung reliabilitas untuk menentukan baik tidaknya instrumen pengumpulan data. Rumus reliabilitas yang digunakan peneliti adalah rumus Hoyt. Instrumen dalam penelitian ini reliabel dengan perhitungan kriteria sedang sebesar 0,60 pada soal akhir siklus I dan 0,63 pada soal akhir siklus II dengan perhitungan kriteria tinggi. Data awal yang digunakan untuk nilai pemahaman konsep siswa adalah hasil rata-rata ujian nasional mata pelajaran matematika di SMP Negeri 25 Purworejo tahun 2010/2011 yaitu sebesar 6,45 dan ketuntasan klasikal 53,125%. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata pemahaman konsep siswa pada siklus I mencapai 62,29 dengan ketuntasan klasikal 65,62% dan pada siklus II sudah mencapai 70,25 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Ini berarti hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject strategi peta konsep, hasil belajar matematika siswa en_US
dc.title Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 25 Purworejo Tahun 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account