dc.description.abstract |
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo tahun 2012/2013 pada
materi bilangan bulat melalui strategi pembelajaran peta konsep.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Waktu penelitian ini
dilaksanakan pada semester I (ganjil), yaitu pada bulan Juli-September 2012.
Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa.
Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Faktor yang diteliti
berupa peningkatan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data
dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Instrumen soal yang
diujikan berbentuk pilihan ganda dan telah diuji validitas isinya oleh validator
sebanyak 3 orang yaitu guru matematika yang semuanya berasal dari SMP N 25
Purworejo. Peneliti juga menghitung reliabilitas untuk menentukan baik tidaknya
instrumen pengumpulan data. Rumus reliabilitas yang digunakan peneliti adalah
rumus Hoyt. Instrumen dalam penelitian ini reliabel dengan perhitungan kriteria
sedang sebesar 0,60 pada soal akhir siklus I dan 0,63 pada soal akhir siklus II
dengan perhitungan kriteria tinggi.
Data awal yang digunakan untuk nilai pemahaman konsep siswa adalah
hasil rata-rata ujian nasional mata pelajaran matematika di SMP Negeri 25
Purworejo tahun 2010/2011 yaitu sebesar 6,45 dan ketuntasan klasikal 53,125%.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil rerata pemahaman konsep siswa
pada siklus I mencapai 62,29 dengan ketuntasan klasikal 65,62% dan pada siklus
II sudah mencapai 70,25 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Ini berarti hasil
penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa. |
en_US |