Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams- Games-Tournament (TGT) tehadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bener Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Rinata, Yuyuk
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:42:04Z
dc.date.available 2018-02-15T08:42:04Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3000
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) menghasilkan motivasi dan hasil belajar siswa yang lebih baik daripada pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VIII MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa, 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Metode dokumentasi dari nilai UAS semester genap di kelas sebelumnya digunakan untuk uji keseimbangan, metode angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar matematika dan metode tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika. Instrumen pengumpulan data untuk mengukur motivasi belajar menggunakan angket sebanyak 16 pernyataan yang masing-masing sudah diujicobakan dan memenuhi syarat konsistensi internal dan reliabilitas dengan teknik korelasi product moment dan Alpha Cronbach. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar menggunakan soal objektif sebanyak 20 soal yang masing-masing sudah diujicobakan dan memenuhi syarat-syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik korelasi product moment dan KR-20. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik multivariat Hotelling’s T2 dilanjutkan dengan uji t univariat. Hasil analisis data menunjukkan nilai rerata motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 43,375 dan 40,188. Sedangkan nilai rerata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 64,219 dan 57,344. Berdasarkan perhitungan uji multivariat dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fobs = 5,010 dengan Ftabel = 3,15 yang berarti bahwa rerata motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol. Setelah dilanjutkan perhitungan uji t univariat diperoleh tobs untuk motivasi belajar sebesar 2,338 dan tobs untuk hasil belajar sebesar 2,420 dengan ttabel sebesar 2,326. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika dengan metode kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) lebih baik daripada motivasi dan hasil belajar matematika dengan metode ekspositori. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Teams-Game-Tournament (TGT), Motivasi, Hasil Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams- Games-Tournament (TGT) tehadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Bener Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account