Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional materi SPLDV. Penelitian
ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 31 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil
menggunakan teknik sampling cluster random sampling, diperoleh kelas VIII B
sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol
sebanyak sebanyak 31 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar
matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa yaitu nilai
ulangan harian pada mata pelajaran matematika. Sebelum digunakan untuk
pengambilan data, instrumen terlebih dahulu diujicobakan. Validitas instrumen diuji
menggunakan validitas butir soal, reliabilitas instrumen diuji dengan rumus KR-20.
Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji
normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett.
Hasil perhitungan data kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan
diperoleh prestasi belajar siswa berdistribusi normal. Dari perhitungan dengan uji
Bartlett diperoleh maka varians kedua kelas tersebut homogen. Uji
hipotesis menggunakan uji t diperoleh = 1,8900 dan 1,6450, sehingga
H1 diterima berarti prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan
pembelajaran konvensional materi SPLDV pada siswa Kelas VIII Semester I SMP
Negeri 31 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013.