Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Bangun Datar Segiempat terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Purwanto, Heru
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:50:04Z
dc.date.available 2018-02-15T08:50:04Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3004
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model probing prompting lebih baik dari model konvensional; (2) apakah hasil belajar matematika siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah; (3) apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari pada motivasi sedang dan motivasi sedang lebih baik dari motivasi rendah pada model probing prompting; (4) apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dari pada motivasi sedang dan motivasi sedang lebih baik dari motivasi rendah pada model konvensional; (5) pada motivasi belajar tinggi, apakah model probing prompting lebih baik dari model konvensional; (6) pada motivasi belajar sedang, apakah model probing prompting lebih baik dari model konvensional; (7) pada motivasi belajar rendah, apakah model probing prompting lebih baik dari model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini 65 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelompok eksperimen dan 33 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket motivasi dan tes hasil belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas angket dilakukan dengan konsistensi internal dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha. Sedangkan untuk tes hasil belajar validitas instrumen dilakukan dengan product moment. Reliabilitas tes diuji menggunakan rumus KR-20. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika, metode angket untuk data motivasi serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ujian semester I matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari Anava dilakukan uji Scheffe. Hasil penelitian dengan  = 0.05, menyimpulkan bahwa: (1) obs = 6.076 > tabel = 4.003 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dan model konvensional, dilihat dari rataan marginalnya bahwa model pembelajaran probing promting lebih baik dari model konvensional; (2) obs = 9.463 > tabel = 3.15 maka ditolak yang berarti tidak semua motivasi belajar memberikan efek yang sama terhadap hasil belajar siswa, maka dilakukan uji Scheffe dan didapat hasil belajar matematika untuk motivasi belajar tinggi (MT) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang (MS) dan motivasi belajar rendah (MR); (3) pada model pembelajaran probing ix prompting hasil belajar siswa untuk motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada motivasi belajar sedang dan motivasi belajar sedang lebih baik dari motivasi rendah. (4) pada model pembelajaran konvensional hasil belajar siswa untuk motivasi belajar tinggi lebih baik dari pada motivasi belajar sedang dan motivasi belajar sedang lebih baik dari motivasi rendah; (5) pada motivasi belajar tinggi berdasarkan rataan kolom hasil belajar siswa untuk model probing prompting lebih baik dari model konvensional; (6) pada motivasi belajar sedang berdasarkan rataan kolom hasil belajar siswa untuk model probing prompting lebih baik dari model konvensional; (7) pada motivasi belajar rendah berdasarkan rataan kolom hasil belajar siswa untuk model probing prompting lebih baik dari model konvensional. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Model Probing Prompting, Motivasi Belajar, Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Bangun Datar Segiempat terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account