dc.contributor.author |
Dewi, Ika Rinawati |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T08:54:17Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T08:54:17Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3006 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa
yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe
NHT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Tempuran. Sampel
sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 59 siswa. Pengambilan sampel secara
cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi
belajar. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempuran. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar
matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa yaitu
nilai ulangan harian semester 1.
Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas
dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis dengan uji t
dengan menyatakan tobs sebesar 0,953 sedangkan t0,05;57=1,67203.
Karena tobs sehingga Ho diterima. Dengan demikian hasil belajar siswa
yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD) tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa
yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT). |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran STAD, NHT, Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Tempuran |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |