Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Tempuran

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Ika Rinawati
dc.date.accessioned 2018-02-15T08:54:17Z
dc.date.available 2018-02-15T08:54:17Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3006
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Tempuran. Sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 59 siswa. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempuran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa yaitu nilai ulangan harian semester 1. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis dengan uji t dengan menyatakan tobs sebesar 0,953 sedangkan t0,05;57=1,67203. Karena tobs sehingga Ho diterima. Dengan demikian hasil belajar siswa yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran STAD, NHT, Hasil Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Tempuran en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account