Abstract:
Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo; (2) meningkatkan hasil belajar matematikla siswa
kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo.Penelitian ini menggunakan metode Think Pair Share
dengan pendekatan Problem Posing pada materi persamaan garis lurus.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo yang berjumlah 35
siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Faktor yang diteliti
adalah hasil belajar matematika siswa berupa nilai pada akhir siklus dan keaktifan
belajar siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan teknik
persentasi ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa sebelum penelitian
66,37 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 45,71%. Pada siklus I rerata hasil belajar
siswa mengalami peningkatan menjadi 71,94 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal
71,42%. Pada siklus II rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I
menjadi 78 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 74,28%. Selain itu juga terlihat dari
peningkatan persentase keaktifan siswa pada siklus I dari 45% meningkat menjadi 70%
pada siklus II.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Thik Pair Share
dengan pendekatan problem posing tipe post solution posing dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo.