Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Posing Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Susilo, Yusfat Agus
dc.date.accessioned 2018-02-15T09:17:43Z
dc.date.available 2018-02-15T09:17:43Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3015
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo; (2) meningkatkan hasil belajar matematikla siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo.Penelitian ini menggunakan metode Think Pair Share dengan pendekatan Problem Posing pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar matematika siswa berupa nilai pada akhir siklus dan keaktifan belajar siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan teknik persentasi ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa sebelum penelitian 66,37 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 45,71%. Pada siklus I rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 71,94 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 71,42%. Pada siklus II rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 78 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 74,28%. Selain itu juga terlihat dari peningkatan persentase keaktifan siswa pada siklus I dari 45% meningkat menjadi 70% pada siklus II.Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Thik Pair Share dengan pendekatan problem posing tipe post solution posing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject metode Think Pair Share, problem posing, post solution posing en_US
dc.title Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem Posing Pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account