dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik
antara siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran NHT atau dengan
pembelajaran demonstrasi pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs
Negeri Prembun tahun pelajaran 2011/2012 yang dilihat dari hasil belajar
matematika siswa, yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang
ingin menerapkan model pembelajaran NHT.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Prembun
sebanyak 247. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai
sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan
metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada
akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan
instrument yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan
daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir
setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, data
analisis dengan uji normalitas, uji kesamaan dua variansi, dan uji hipotesis
menggunakan uji t.
Berdasarkan uji t (uji pihak kanan) dengan n1 = 35, n2 = 34, taraf signifikasi 5
%, diperoleh thitung = 1.869 > ttabel = 1.668, sedangkan dengan melihat nilai ratarata
dari kedua kelompok dimana rerata kelas eksperimen = 66.29 dan rata-rata
kelas kontrol = 59.26, kesimpulan sebagai berikut: Model Pembelajaran NHT
memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran demonstrasi
pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs Negeri Prembun tahun
pelajaran 2011/2012. |
en_US |