dc.contributor.author |
Ningkrum, Dwi Wahyu |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-17T01:29:43Z |
|
dc.date.available |
2018-02-17T01:29:43Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3022 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan siswa dalam men
jumlahkan dan mengurangkan pecahan; (2) penguasaan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan;
dan (3) pengaruh penguasaan siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan dengan
penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Populasi penelitian semua siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Garuda Kecamatan
Tempuran. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa, ditentukan 30% dari
populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak proportional.
Teknik pengumpulan data dengan metode tes yang sudah diuji cobakan dan telah
memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif yaitu uji z dan uji F.
Dari hasil pengolahan data diperoleh (1) penguasaan siswa dalam menjumlahkan
dan mengurangkan pecahan kurang dari kriteria ketuntasan minimal dengan
rerata sebesar 54,27% dan standar deviasi sebesar 12,98% (2) penguasaan sis
wa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan kurang dari kriteria ketuntasan minimal dengan rerata sebesar
40,38% dan standar deviasi sebesar 21,98%, dan (3) ada pengaruh penguasaan siswa
dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan dengan penguasaan siswa
dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
penguasaan, standar kompetensi, pecahan |
en_US |
dc.title |
Penguasaan Standar Kompetensi Menggunakan Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Pada Siswa SD Kelas IV Se-Gugus Garuda Kecamatan Tempuran Tahun Pelajaran 2011/2012 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |