Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kreatif dan hasil belajar
siswa melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) kelas IV SD
Negeri Brengkol Kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV semester 2 SD Negeri Brengkol Pituruh Tahun Pelajaran 2012/2013 yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes.
Instrumen yang digunakan berupa angket sikap kreatif siswa dan tes akhir. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata prestasi belajar siswa sebelum
penelitian 60,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 29%. Pada Siklus I rerata prestasi
belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 62,05dengan ketuntasan belajar klasikal
32%. Pada Siklus II rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,24
dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Selain itu ada peningkatan rerata sikap kreatif
siswa dari Siklus I 65,23% menjadi 82,14% pada Siklus II.