Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan standar kompetensi bilangan,
geometri dan pengukuran. Populasi penelitian siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah se-Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang yang berjumlah 255
siswa. Sampel penelitian berjumlah 128 siswa, ditentukan dengan rumus yang
dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportionate Stratified Random
Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes yang
berjumlah 26 butir yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya
pembedanya. Dalam analisis data, digunakan uji prasyarat dan uji t. Hasil analisis
deskriptif menunjukkan bahwa rerata prestasi belajar matematika siswa sebesar
56,67 dengan standar deviasi 17,61. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa
nilai thitung = −11,77 < t 0,95;8 =1,86, dari hasil ini ditunjukkan bahwa penguasaan
Standar Kompetensi Bilangan, Geometri dan Pengukuran siswa kelas IV MI se-
Kecamatan Kajoran tidak lebih dari rerata 75.