Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetyo, Bayu Adhi
dc.date.accessioned 2018-02-17T02:36:40Z
dc.date.available 2018-02-17T02:36:40Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3036
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan metode resitasi lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan yaitu Maret 2013- Agustus 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A – VII F. Sampel dalam penelitian untuk kelompok kontrol adalah siswa kelas VII A sedangkan untuk kelompok eksperimen adalah siswa VII D. Teknik Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelompok uji coba soal instrumen adalah siswa kelas VII C. Soal instrumen berjumlah 30 butir soal dengan hasil perhitungan untuk daya pembeda > 0,20 dan taraf kesukaran 0,25 ≤ P ≤ 0,75 mendapatkan soal yang diterima berjumlah 19. Validitasnya yang didapat adalah 0,85 termasuk validitas sangat tinggi. Reliabilitasnya yang didapat adalah 0,79 termasuk reliabilitas tinggi. Pengambilan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai prestasi belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 70,34 sedangkan kelompok kontrol sebesar 62,72. Dari hasil uji statistik satu pihak diperoleh thitung = 3.361. Dengan dk = 62 dan = 5% diperoleh nilai ttabel = 1,645. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan resitasi lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori. Untuk itu disarankan agar menggunakan metode pembelajaran resitasi sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Resitasi, Ekspositori, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account