Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas
proses pembelajaran keterampilan menyimak berita menggunakan media audiovisual
siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2012/2013; (2) tingkat
keberhasilan keterampilan menyimak berita menggunakan media audiovisual siswa
kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap
prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, angket,
dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif
dan kuantitatif. Teknik penyajian analisis data menggunakan metode informal.
Kriteria keberhasilan yang diperoleh siswa berdasarkan kriteria keberhasilan proses
dan keberhasilan produk. Keabsahan data diperoleh dari triangulasi dan kecukupan
referensi.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media audiovisual
dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan
menyimak berita. Kualitas proses pembelajaran pada prasiklus memperoleh nilai ratarata
sebesar 55,64, siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,54, dan pada siklus
II sebesar 76,12; (2) peningkatan keterampilan menyimak berita dapat dilihat dari
hasil prasiklus yang masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 46,80. Nilai rata-rata
kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 61,74. Selanjutnya, pada siklus II diperoleh
nilai rata-rata sebesar 76,38. Jumlah peningkatan dari tahap prasiklus menuju siklus I
sebesar 14,94 dan peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 14,64.