Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Mranti Purworejo
yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian diperoleh dari hasil
observasi dan tes siklus. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian
ini adalah teknik deskriptif dengan didukung data kualitatif dan kuantitatif.
Diperoleh hasil penelitian bahwa model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Hal
ini terlihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I dan II. Nilai rata-rata yang
diperoleh siswa pada tes siklus I adalah 75,86 kemudian meningkat menjadi 76,45
di akhir siklus II. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar, dari 68,18%
menjadi 84,22%. Selain itu, persentase minat belajar siswa juga ikut meningkat
dari 63,44% pada siklus I menjadi 75,63% di siklus II