Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Komparasi Model Pembelajaran Matematika Tipe Jigsaw Dan Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Ngaini, Farida Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-17T03:43:44Z
dc.date.available 2018-02-17T03:43:44Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3044
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada pokok bahasan menghitung keliling dan luas lingkaran kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi sebanyak 221 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I (kelas Jigsaw) dan kelas eksperimen II (kelas STAD). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Uji coba instrumen meliputi uji daya beda soal, tingkat kesukaran, validitas yaitu menggunakan validitas isi dan validitas butir soal, dan reliabilitas tes yang diuji dengan rumus KR-20. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan uji dua pihak dan menggunakan 𝛼= 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada pokok bahasan menghitung keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran 2012/2013, terlihat dari hasil analisis uji-t dalam perhitungan diperoleh nilai 𝑡𝑜𝑏𝑠 = 0,056 s dengan DK = {t| t < -1,994 atau t >1,994} dan taraf kesalahan 5%. Oleh karena 𝑡𝑜𝑏𝑠  DK maka H1 ditolak dan H0 diterima, sehingga hipotesis ditolak. Dengan nilai rata-rata prestasi belajar yaitu 77 untuk kelas Jigsaw dan 77,16 untuk kelas STAD. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, model pembelajaran, Jigsaw, STAD en_US
dc.title Studi Komparasi Model Pembelajaran Matematika Tipe Jigsaw Dan Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account