Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran RME dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 2 Candimulyo Megelang

Show simple item record

dc.contributor.author Trinurtyas, Hardanis
dc.date.accessioned 2018-02-17T03:50:34Z
dc.date.available 2018-02-17T03:50:34Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3046
dc.description.abstract Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan. Seringkali hanya siswa yang memiliki minat tinggi yang dapat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pendekatan pembelajaran RME lebih baik dari pada model kooperatif tipe Jigsaw; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) interaksi antara penggunaan model ataupun pendekatan pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Candimulyo Magelang yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 64. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang masing-masing sudah diuji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan komparasi ganda. Hasil perhitungan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh dengan DK = {Fa | Fa >4.02} sehingga ditolak, dengan DK = {Fb | Fb >3.17} sehingga ditolak, dengan DK = {Fab | Fab >3.17} sehingga ditolak. Setelah dihitung komparasi ganda antar kolom, diperoleh dengan DK = {F1-2 | F1-2 >6.3}, dengan DK = {F1-3 | F1-3 >6.3}, dengan DK = {F2-3 | F2-3 >6.3}. dengan demikian hanya yang ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan bahwa: (1) Prestasi siswa dengan pendekatan pembelajaran RME lebih baik dibandingkan prestasi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) Siswa yang minatnya tinggi lebih baik prestasinya dengan siswa yang minatnya rendah. (3) Tidak ada interaksi antara model/pendekatan pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject RME, JIGSAW, minat belajar, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran RME dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau dari Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 2 Candimulyo Megelang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account