Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan tingkat pendidik
an orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri se-Kecamatan
Puring Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri se-Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
tahun pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 1388 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 279
siswa dan teknik sampling yang digunakan adalah proporsional sample. Pengumpul
an data dilakukan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Pengujian hipotesis
menggunakan korelasi serial. Dari hasil perhitungan diperoleh rser = 1,275 dan rtabel =
0,118. Karena rser > rtabel sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang
signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar matematika
siswa SMP se-Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/ 2013.