Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pendekatan SAVI dan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Se-Gugus R.A. Kartini Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sugiharto, Bangkit Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-17T04:14:40Z
dc.date.available 2018-02-17T04:14:40Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3051
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada pendekatan pembelajaran kontekstual setelah diterapkan pada pokok bahasan operasi hitung bilagan bulat siswa kelas V SD Negeri se-Gugus R.A Kartini. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V semester II se-Gugus R.A Kartini Kecamatan Buluspesantren yang berjumlah 134 siswa. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen pertama dan 27 siswa kelas eksperimen kedua. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama 64,79 dan pada kelas eksperimen kedua 65,78. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan = 0,05 menunjukan bahwa, tobs = -0,392 dan ttabel = 1,645 dengan DK = { t|t > 1,645}. Karena tobs < t tabel maka tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga menyebabkan H0 diterima. Jadi, disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan SAVI tidak lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan opersi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri se- Gugus R.A. Kartini Kecamatan Buluspesantren tahun pelajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject SAVI, kontekstual, hasil belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pendekatan SAVI dan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Se-Gugus R.A. Kartini Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account