Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Widiastuti, Novi
dc.date.accessioned 2018-02-17T04:27:36Z
dc.date.available 2018-02-17T04:27:36Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3053
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) menghasilkan motivasi dan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada metode ekspositori pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi sebanyak 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Metode dokumentasi dari nilaiUAS semester 2 digunakan untuk uji keseimbangan, metode angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar matematika dan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal objektif sebanyak 20 soal yang masing-masing sudah diujicobakan dan memenuhi syaratsyarat validitas dan reliabilitas dengan teknik korelasi product moment dan KR- 20. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik multivariat-univariat. Hasil analisis data menunjukkan nilai rerata motivasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) diperoleh 40.594, sedangkan rerata motivasi belajar matematika dengan metode ekspositori diperoleh 38.594. Rerata hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) diperoleh 66.094 sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan metode ekspositori diperoleh 58.75. Berdasarkan perhitungan uji multivariat dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fobs = 5.869 dengan Ftabel = 3.15 yang berarti bahwa rerata motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen tidak sama dengan kelas kontrol. Setelah dilanjutkan perhitungan uji t univariat diperoleh tobs untuk motivasi belajar sebesar 2.358 dan tobs untuk hasil belajar sebesar 2.394 dengan ttabel sebesar 2.326. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) lebih baik daripada motivasi dan hasil belajar matematika dengan metode ekspositori. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Team Assited Individualization (TAI), Motivasi, Hasil Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account