Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pengajaran
keterampilan menulis karangan narasi melalui media komik pada siswa kelas XI
SMK Batik Perbaik Purworejo, (2) seberapa besar pengaruh media komik
terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran keterampilan menulis
karangan narasi melalui media komik terhadap siswa kelas XI SMK Batik Perbaik
Purworejo, (3) seberapa besar pengaruh media komik terhadap prestasi siswa
melalui pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui media komik
terhadap siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam teknik
pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Data tes berupa tulisan hasil
karya siswa, selanjutnya data nontes berupa lembar observasi, jurnal siswa,
wawancara, dan dokumentasi foto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
TKJ SMK Batik Perbaik Purworejo. Objek penelitian ini adalah kemampuan
menulis karangan narasi melalui media komik. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik
penyajian data hasil analisis yang penulis gunakan adalah teknik penyajian
informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran
menulis narasi melalui media komik dilaksanakan pada tahap siklus I yang
menggunakan satu buah komik dan siklus II menggunakan dua buah komik yang
berbeda dan berwarna. Pada masing-masing siklus melalui empat tahap yaitu,
perencanaan, peaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) hasil observasi pada tiap
tahap terdapat perhatian dan antusias pada prasiklus 74,19%, siklus I 83,87%, dan
siklus II 93,55%. Siswa yang aktif pada prasiklus 38,71%, siklus I 64,51%, dan
siklus II 83,87%. Respon positif prasiklus 74,19%, siklus I 90,32%, dan siklus II
96,77%. Siswa dengan sikap baik sebanyak prasiklus 80,64%, siklus I 90,32%,
dan siklus II 96,77%. (3) prestasi siswa dalam menulis karangan narasi pada
prasiklus, siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor
rata-rata mencapai 69,86 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 75,24 dan
meningkat kembali pada siklus II menjadi 79,92. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa telah terbukti penggunaan media komik pada pembelajaran
menulis karangan narasi dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi siswa kelas
XI SMK Batik Perbaik Purworejo.