Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi dengan Media Komik pada Siswa Kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetyaningtyas, Imam Kuncoro
dc.date.accessioned 2018-02-19T03:40:07Z
dc.date.available 2018-02-19T03:40:07Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3055
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pengajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui media komik pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo, (2) seberapa besar pengaruh media komik terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui media komik terhadap siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo, (3) seberapa besar pengaruh media komik terhadap prestasi siswa melalui pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui media komik terhadap siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam teknik pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Data tes berupa tulisan hasil karya siswa, selanjutnya data nontes berupa lembar observasi, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Batik Perbaik Purworejo. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi melalui media komik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik penyajian data hasil analisis yang penulis gunakan adalah teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui media komik dilaksanakan pada tahap siklus I yang menggunakan satu buah komik dan siklus II menggunakan dua buah komik yang berbeda dan berwarna. Pada masing-masing siklus melalui empat tahap yaitu, perencanaan, peaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) hasil observasi pada tiap tahap terdapat perhatian dan antusias pada prasiklus 74,19%, siklus I 83,87%, dan siklus II 93,55%. Siswa yang aktif pada prasiklus 38,71%, siklus I 64,51%, dan siklus II 83,87%. Respon positif prasiklus 74,19%, siklus I 90,32%, dan siklus II 96,77%. Siswa dengan sikap baik sebanyak prasiklus 80,64%, siklus I 90,32%, dan siklus II 96,77%. (3) prestasi siswa dalam menulis karangan narasi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata mencapai 69,86 kemudian meningkat pada siklus I sebesar 75,24 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 79,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terbukti penggunaan media komik pada pembelajaran menulis karangan narasi dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis karangan narasi, media komik en_US
dc.title Upaya Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi dengan Media Komik pada Siswa Kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account