Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 3 KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Chasanah, Miratul
dc.date.accessioned 2018-02-19T03:47:59Z
dc.date.available 2018-02-19T03:47:59Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3056
dc.description.abstract Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi, dan perubahan sikap, serta perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik pemodelan. Hal ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi serta perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah mengikuti pembelajaran melalui teknik pemodelan. Teori yang dijadikan landasan adalah teori dari Tarigan (1994) yang mengemukakan bahwa teknik pemodelan dalam pembelajaran adalah cara guru mempersiapkan suatu karangan model yang akan dijadikan sebagai model atau contoh dalam menulis karangan baru. Kehadiran model akan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan mengasyikkan serta siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil tahun pembelajaran 2012/2013, yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari16 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dari tes, observasi, angket, dan dokumentasi foto. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan teknik persentase. Dalam teknik penyajian data digunakan analisis informal. Hasil analisis deskriptif terlihat bahwa kemampuan menulis pengalaman pribadi mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh rerata skor 69,74 tergolong cukup dan pada siklus II diperoleh rerata skor 77,70 tergolong baik. Sikap dan perilaku siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya yang dinilai dari lima aspek, yaitu antusias, perhatian, keseriusan, keaktifan, dan respon siswa, pada prasiklus diperoleh rerata skor 25,92%, pada siklus I diperoleh rerata skor 49,63%, dan pada siklus II diperoleh rerata skor 66%. Minat siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada prasiklus rerata skor 35,55%, pada siklus I diperoleh rerata skor 53,70%, dan pada siklus II diperoleh rerata skor 72,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan perilaku positif siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik pemodelan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, pengalaman pribadi, teknik pemodelan, pembelajaran di SMP Kelas VII en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 3 KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account