dc.description.abstract |
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimanakah
peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi, dan perubahan sikap, serta
perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah mengikuti pembelajaran
menulis pengalaman pribadi melalui teknik pemodelan. Hal ini mendeskripsikan
peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi serta perubahan sikap dan
perilaku siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah mengikuti pembelajaran
melalui teknik pemodelan.
Teori yang dijadikan landasan adalah teori dari Tarigan (1994) yang
mengemukakan bahwa teknik pemodelan dalam pembelajaran adalah cara guru
mempersiapkan suatu karangan model yang akan dijadikan sebagai model atau
contoh dalam menulis karangan baru. Kehadiran model akan menciptakan suasana
kegiatan belajar mengajar lebih menarik dan mengasyikkan serta siswa dapat
berperan aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil tahun pembelajaran
2012/2013, yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari16 siswa perempuan dan 11
siswa laki-laki. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif.
Pengumpulan data diperoleh dari tes, observasi, angket, dan dokumentasi foto.
Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan teknik persentase. Dalam
teknik penyajian data digunakan analisis informal.
Hasil analisis deskriptif terlihat bahwa kemampuan menulis pengalaman
pribadi mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh
rerata skor 69,74 tergolong cukup dan pada siklus II diperoleh rerata skor 77,70
tergolong baik. Sikap dan perilaku siswa juga mengalami peningkatan di setiap
siklusnya yang dinilai dari lima aspek, yaitu antusias, perhatian, keseriusan,
keaktifan, dan respon siswa, pada prasiklus diperoleh rerata skor 25,92%, pada
siklus I diperoleh rerata skor 49,63%, dan pada siklus II diperoleh rerata skor
66%. Minat siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada prasiklus
rerata skor 35,55%, pada siklus I diperoleh rerata skor 53,70%, dan pada siklus II
diperoleh rerata skor 72,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya
perubahan perilaku positif siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Kepil setelah
mengikuti pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui teknik pemodelan. |
en_US |