Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tema dan
fakta cerita novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi; (2) hubungan keterkaitan
antarunsur tema dengan fakta cerita; dan (3) implementasi analisis tema dan fakta
cerita novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra
kelas XI SMA Negeri 10 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah tema dan fakta cerita . Sumber data yang digunakan adalah novel Negeri 5
Menara karya A. Fuadi. Instrumen penelitian ini penulis selaku peneliti dengan
menggunakan fasilitas kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi langsung kemudian data yang didapatkan dicatat dalam kartu pencatat
data. Teknik analisis data dalam penelitian ini lakukan dengan teknik analisis isi.
Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal.
Hasil analisis menunjukkan (1) tema dalam novel Negeri 5 Menara adalah
pencapaian keberhasilan dan fakta cerita terdiri dari (a) tokoh dan penokohan, tokoh
dibedakan tokoh utama adalah Alif Fikri dan tokoh tambahan adalah amak, ayah,
Randai, Ustadz Salman, Kiai Rais, dan sahabat sohibul menara (Atang, Said,
Dulmajid, Baso, Raja), sedangkan pelukisan watak (penokohan) mengunakan dua
cara, yaitu teknik analitik dan teknik dramatik; (b) alur dan pengaluran, yakni
tahapan alur adalah tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir, sedangkan teknik
pengaluran meliputi suspense, foreshadowing, dan surprice; (c) latar, yakni latar
fisik disajikan secara konkret sehingga menimbulkan imajinasi pembaca mengenai
wujud bangunan dan daerah tersebut, dan latar sosial melukiskan status sosial
dalam kegiatan belajar di pesantren dengan konsep man jadda wajadda; (2)
keterkaitan antarunsur saling mendukung dalam membangun totalitas cerita yang
harmonis, logis, dan menarik; dan (3) implementasi analisis tema dan fakta cerita
dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di
kelas XI SMA dapat dijadikan alternatif pemilihan bahan materi, karena
mempunyai nilai estetis, mencerminkan nilai-nilai positif, yang dapat dijadikan
sebagai bahan pembelajaran sastra untuk mencapai standar kompetensi, kompetensi
dasar, dan indikator sebagaimana dijelaskan dalam kurikulum. Pembelajaran
analisis tema dan fakta cerita di SMA Negeri 10 Purworejo dengan langkahlangkah
sebagai berikut (a) kegiatan awal yang dilakukan satu minggu sebelumnya
siswa disuruh membaca novel; (b) kegiatan inti yang dilakukan siswa diberi tugas
mengidentifikasi dan menganalisis tema dan fakta cerita; dan (c) kegiatan akhir
yang dilakukan guru merefleksi hasil pembelajaran