Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

TEMA DAN FAKTA CERITA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XI SMA NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Sa'adah
dc.date.accessioned 2018-02-19T04:08:31Z
dc.date.available 2018-02-19T04:08:31Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3058
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tema dan fakta cerita novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi; (2) hubungan keterkaitan antarunsur tema dengan fakta cerita; dan (3) implementasi analisis tema dan fakta cerita novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra kelas XI SMA Negeri 10 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tema dan fakta cerita . Sumber data yang digunakan adalah novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Instrumen penelitian ini penulis selaku peneliti dengan menggunakan fasilitas kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung kemudian data yang didapatkan dicatat dalam kartu pencatat data. Teknik analisis data dalam penelitian ini lakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Hasil analisis menunjukkan (1) tema dalam novel Negeri 5 Menara adalah pencapaian keberhasilan dan fakta cerita terdiri dari (a) tokoh dan penokohan, tokoh dibedakan tokoh utama adalah Alif Fikri dan tokoh tambahan adalah amak, ayah, Randai, Ustadz Salman, Kiai Rais, dan sahabat sohibul menara (Atang, Said, Dulmajid, Baso, Raja), sedangkan pelukisan watak (penokohan) mengunakan dua cara, yaitu teknik analitik dan teknik dramatik; (b) alur dan pengaluran, yakni tahapan alur adalah tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir, sedangkan teknik pengaluran meliputi suspense, foreshadowing, dan surprice; (c) latar, yakni latar fisik disajikan secara konkret sehingga menimbulkan imajinasi pembaca mengenai wujud bangunan dan daerah tersebut, dan latar sosial melukiskan status sosial dalam kegiatan belajar di pesantren dengan konsep man jadda wajadda; (2) keterkaitan antarunsur saling mendukung dalam membangun totalitas cerita yang harmonis, logis, dan menarik; dan (3) implementasi analisis tema dan fakta cerita dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA dapat dijadikan alternatif pemilihan bahan materi, karena mempunyai nilai estetis, mencerminkan nilai-nilai positif, yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra untuk mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator sebagaimana dijelaskan dalam kurikulum. Pembelajaran analisis tema dan fakta cerita di SMA Negeri 10 Purworejo dengan langkahlangkah sebagai berikut (a) kegiatan awal yang dilakukan satu minggu sebelumnya siswa disuruh membaca novel; (b) kegiatan inti yang dilakukan siswa diberi tugas mengidentifikasi dan menganalisis tema dan fakta cerita; dan (c) kegiatan akhir yang dilakukan guru merefleksi hasil pembelajaran en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject tema dan fakta cerita, hubungan antarunsur, dan implementasi sebagai bahan pembelajaran sastra. en_US
dc.title TEMA DAN FAKTA CERITA NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XI SMA NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account