Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gaya bahasa pada lirik lagu
Wali; (2) fungsi penggunaan gaya bahasa lirik lagu grup musik Wali, (3) relevansi lirik
lagu grup musik Wali sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi di SMA, dan (4)
pembelajaran apresiasi puisi di SMA dengan bahan pembelajaran lirik lagu grup musik
Wali.
Sumber data penelitian ini adalah lirik lagu pop berbahasa Indonesia yang
terdapat album Cari Jodoh (2009). Objek penelitiannya adalah penggunaan gaya bahasa
dan fungsinya yang terdapat dalam lirik lagu grup musik Wali, yakni lirik lagu berjudul
serta relevansi lirik lagu tersebut sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi di SMA dan
pembelajaran apresiasi puisi dengan bahan lirik tersebut di SMA. Penelitian ini
difokuskan pada jenis-jenis gaya bahasa dan fungsinya yang terdapat dalam lirik lagu
grup musik Wali serta menemukan relevansi lirik lagu Wali sebagai bahan pembelajaran
apresiasi puisi di SMA. Selain itu, fokus penelitian ini adalah menemukan alternatif
pembelajaran apresiasi puisi di SMA dengan bahan pembelajaran lirik lagu Wali. Data
dikumpulkan menggunakan metode simak dan catat dengan penulis sendiri sebagai
human instrumen yang dibantu kartu data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan
metode analisis isi (content analysis) dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode
informal.
Hasil penelitian ini adalah: (1) lirik lagu grup musik Wali menggunakan beragam
gaya bahasa, yakni gaya bahasa perbandingan (metafora, metonimia, antonomasia), gaya
bahasa penegasan (aferesis, elipsis, klimaks, anadiplosis, anafora, epanalepsis,
epizeuksis, simploke, plenonasme), dan gaya bahasa pertentangan (antitesis).
Penggunaan gaya bahasa paling dominan adalah gaya bahasa penegasan kategori
aferesis; (2) fungsi gaya bahasa dalam lirik lagu grup musik Wali adalah untuk
memperindah bunyi, menghidupkan atau memperjelas gambaran mengenai suatu
hal/perasaan, membangkitkan suasana dan kesan tertentu, serta mengintensifkan makna;
(3) lirik dan lagu Wali relevan digunakan sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi di
SMA kelas X baik karena liriknya banyak mengandung gaya bahasa dan sarat akan
nilaiyang positif, serta memiliki irama yang harmonis; (4) pembelajaran apresiasi puisi
dengan materi lirik lagu Wali di SMA dilakukan dapat dilakukan dengan tiga tahap:
perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan refleksi. Pada perencanaan, guru membuat
RPP, menyiapkan media audiovisual, dan instrumen penilaian. Pada tahap pelaksanaan,
guru menggunakan metode diskusi kelompok sebagai metode pembelajaran. Pada tahap
evaluasi dan refleksi, guru menganalisis proses dan hasil belajar guna mengetahui sejauh
mana keberhasilan pembelajaran dan menyusun penyempurnaan dalam pembelajaran
selanjutnya.Dengan demikian,lirik lagu group musik wali relevan digunakan sebagai
bahan pembelajaran apresiasi puisi di SMA kelas X.