Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) mengetahui perubahan
sikap siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Tahun Ajaran 2012/2013,
setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan
menggunakan teknik objek langsung dan (2) mendeskripsikan peningkatan
kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek
langsung pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Kabupaten
Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas atau PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah 36 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis paragraf
deskripsi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, jurnal siswa, dan
dokumentasi foto. Teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif.
Teknik penyajian hasil analisis digunakan analisis informal.
Dari hasil analisis data terdapat adanya perubahan sikap dan peningkatan
kemampuan menulis pargraf deskripsi dari prasiklus sampai siklus II.
Disimpulkan bahwa: (1) perubahan sikap siswa mengalami pengaruh positif
(siswa memperhatikan dan merespons dengan antusias (bertanya, menanggapi,
dan membuat catatan), siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi
kelompok, siswa merespons positif (senang) terhadap pembelajaran dengan teknik
objek langsung, siswa aktif menjawab dan selalu bertanya apabila menemukan
kesulitan, siswa menulis paragraf deskripsi dengan sikap yang baik) pada siklus I
sekor rata-rata 62,8% dan pada siklus II skor rata-rata 89,4%. Dengan demikian,
perubahan siswa yang bersikap positif semakin bertambah dari siklus I ke siklus
II sebesar 26,6%. 4; (2) peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil
rata-rata kelas pada prasiklus 58,22, pada siklus I sebesar 69,36, dan pada siklus
II sebesar 71,9. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar
11,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,54.