Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Supriyati, iIs
dc.date.accessioned 2018-02-19T04:25:34Z
dc.date.available 2018-02-19T04:25:34Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3062
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) mengetahui perubahan sikap siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Tahun Ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis paragraf deskripsi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, jurnal siswa, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Teknik penyajian hasil analisis digunakan analisis informal. Dari hasil analisis data terdapat adanya perubahan sikap dan peningkatan kemampuan menulis pargraf deskripsi dari prasiklus sampai siklus II. Disimpulkan bahwa: (1) perubahan sikap siswa mengalami pengaruh positif (siswa memperhatikan dan merespons dengan antusias (bertanya, menanggapi, dan membuat catatan), siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi kelompok, siswa merespons positif (senang) terhadap pembelajaran dengan teknik objek langsung, siswa aktif menjawab dan selalu bertanya apabila menemukan kesulitan, siswa menulis paragraf deskripsi dengan sikap yang baik) pada siklus I sekor rata-rata 62,8% dan pada siklus II skor rata-rata 89,4%. Dengan demikian, perubahan siswa yang bersikap positif semakin bertambah dari siklus I ke siklus II sebesar 26,6%. 4; (2) peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 58,22, pada siklus I sebesar 69,36, dan pada siklus II sebesar 71,9. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,54. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, deskripsi, teknik objek langsung, siswa en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account