Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan
pembelajaran menulis puisi dengan photo story, (2) pengaruh siswa dalam
pembelajaran menulis puisi dengan photo story pada siswa kelas X SMA Negeri 5
Purworejo, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan photo story pada
siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian
kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap,
yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; dan
(4) tahap refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam penyajian hasil analisis
digunakan metode penyajian informal.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) penerapan pembelajaran pada
tahap prasiklus berupa pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan media
pembelajaran apapun, selanjutnya langkah-langkah penerapan pembelajaran
menulis puisi dengan photo story pada tahap siklus I dan II, meliputi: (a)
pembagian lembar photo story dengan tema membuang sampah sembarangan dan
masa kanak-kanak, (b) siswa mengamati photo story tersebut dan mendata katakata
yang sesuai dengan objek photo story tersebut, (c) siswa memilih kata-kata
yang tepat yang dapat mewakili makna puisinya dan kata-kata tersebut dipadukan,
kemudian dirangkai menjadi baris dan bait puisi; (2) pengaruh penggunaan media
photo story dalam pembelajaran menulis puisi, yaitu: pada tahap prasiklus terlihat
bahwa antusias siswa, keaktifan siswa dan situasi kelas saat pembelajaran
berlangsung masih kurang baik dengan skor rata-rata 50, pada siklus I mengalami
peningkatan dengan skor rata-rata 65,3, sedangkan pada siklus II juga mengalami
peningkatan yang lebih baik, dengan skor rata-rata 80; (3) peningkatan kualitas
hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata kelas pada
tahap prasiklus adalah 55,35. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat 69,43.
Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 74,65. Berdasarkan hasil penilaian dapat
dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan
kriteria yang telah ditetapkan.