Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Photo Story pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013”.

Show simple item record

dc.contributor.author Suciati, Anggun Tri
dc.date.accessioned 2018-02-19T04:28:36Z
dc.date.available 2018-02-19T04:28:36Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3063
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan photo story, (2) pengaruh siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan photo story pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan photo story pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; dan (4) tahap refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam penyajian hasil analisis digunakan metode penyajian informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) penerapan pembelajaran pada tahap prasiklus berupa pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan media pembelajaran apapun, selanjutnya langkah-langkah penerapan pembelajaran menulis puisi dengan photo story pada tahap siklus I dan II, meliputi: (a) pembagian lembar photo story dengan tema membuang sampah sembarangan dan masa kanak-kanak, (b) siswa mengamati photo story tersebut dan mendata katakata yang sesuai dengan objek photo story tersebut, (c) siswa memilih kata-kata yang tepat yang dapat mewakili makna puisinya dan kata-kata tersebut dipadukan, kemudian dirangkai menjadi baris dan bait puisi; (2) pengaruh penggunaan media photo story dalam pembelajaran menulis puisi, yaitu: pada tahap prasiklus terlihat bahwa antusias siswa, keaktifan siswa dan situasi kelas saat pembelajaran berlangsung masih kurang baik dengan skor rata-rata 50, pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 65,3, sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan yang lebih baik, dengan skor rata-rata 80; (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus adalah 55,35. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat 69,43. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 74,65. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Puisi, Media Photo Story en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Photo Story pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013”. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account