dc.description.abstract |
Banyak penelitian di bidang pendidikan yang telah dilakukan oleh para
peneliti. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan mutu berbagai hal yang
berkaitan dengan pendidikan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dapat
meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri 2
Maron Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Maron
yaitu sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Materi yang disampaikan adalah sub pokok bahasan bangun ruang.
Faktor yang diteliti berupa peningkatan keaktifan siswa dan pemahaman konsep
siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat,
hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memperoleh skor ≥ 70 pada siklus
I adalah 65,52%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,76%.
Pemahaman konsep siswa juga meningkat, ditunjukkan dengan persentase siswa
yang mencapai tingkat pemahaman > 75% (kategori baik dan sangat baik) pada
siklus I adalah 51,72%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 72,41%. Jika
dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran kooperatif tipe the power of
two dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas V SD
Negeri 2 Maron Tahun Pelajaran 2012/2013. |
en_US |