Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep dengan Tipe Pembelajaran The Power of Two bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Maron Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Lilis Puji
dc.date.accessioned 2018-02-19T06:53:18Z
dc.date.available 2018-02-19T06:53:18Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3064
dc.description.abstract Banyak penelitian di bidang pendidikan yang telah dilakukan oleh para peneliti. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan mutu berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri 2 Maron Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Maron yaitu sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Materi yang disampaikan adalah sub pokok bahasan bangun ruang. Faktor yang diteliti berupa peningkatan keaktifan siswa dan pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang memperoleh skor ≥ 70 pada siklus I adalah 65,52%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,76%. Pemahaman konsep siswa juga meningkat, ditunjukkan dengan persentase siswa yang mencapai tingkat pemahaman > 75% (kategori baik dan sangat baik) pada siklus I adalah 51,72%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 72,41%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri 2 Maron Tahun Pelajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject the power of two, keaktifan, pemahaman konsep en_US
dc.title Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep dengan Tipe Pembelajaran The Power of Two bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Maron Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account