Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran
Tutorial Kelompok-Sekawan terhadap hasil belajar gelanggang pada
Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah 186 Mahasiswa semester VII Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Purworejo. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 Mahasiswa
semester VII Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Dari hasil pengujian normalitas data sebelum penelitian diperoleh nilai
= 5,63 < = 5,99, sehingga sampel tersebut berasal dari populasi
yang berdistribusi normal. Dan dari hasil pengujian normalitas data setelah penelitian
diperoleh nilai = 2,5 < = 7,81, sehingga sampel tersebut
berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil pengujian analisis data diperoleh
= 19,04 dan = 2,06 dengan derajat kebebasan 24 dan derajat
kesalahan 5%. Nilai lebih besar dari dan dapat disimpulkan bahwa
H1 diterima dan H0 ditolak. Dalam hal tersebut disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran Tutorial Kelompok-Sekawan terhadap hasil belajar gelanggang
pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika tahun akademik 2012
/2013).