Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan
pembelajaran berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan kooperatif tipe
STAD pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku
siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran
2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model
kooperatif tipe STAD; dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa
kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran
2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model
kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua
siklus yang dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA
Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 siswa.
Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data
dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti
menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang
digunakan adalah metode penyajian informal.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat
disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe
STAD meliputi materi pembelajaran dan pembagian tim, menentukan skor awal,
membangun tim, tes individu, dan penghargaan kelompok; (2) siswa mengalami
perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran berbicara melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: (a) pada prasiklus 85% siswa memiliki
perhatian baik dan 75% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, (b)
pada siklus I 90% siswa memiliki perhatian baik dan 90% siswa yang aktif
mengikuti pembelajaran, dan (c) pada siklus II 90% siswa memiliki perhatian baik
dan 95% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran; (3) hasil kemampuan
berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh
nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,4, nilai rata-rata siswa pada siklus I
sebesar 74,4, dan nilai rata-rata pada siklus II