Abstract:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan
kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 5 Purworejo tahun pelajaran 2012-
2013. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes
yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi foto.
Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan teknik panggil pengalaman dalam keterampilan menulis puisi
antara lain (1) guru memberikan kesempatan kepada siswa beberapa menit untuk
mengingat pengalaman siswa yang mengesankan, (2) guru memberikan arahan
agar siswa menuliskan pengalamannya kedalam bentuk paragraf, (3) setelah
paragraf selesai siswa melanjutkan menulis puisi sesuai dengan isi paragraf yang
dibuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menulis puisi dengan teknik
panggil pengalaman mampu meningkatkan proses pembelajaran. Hasil observasi
pada siklus I sebesar 65,62% mempunyai perhatian yang baik, sikap siswa saat
pembelajaran berlangsung sebanyak 81,25% dikategorikan baik. Pada siklus II
sebanyak 71,87% mempunyai perhatian baik, dilihat siswa pada saat
pembelajaran menulis puisi sebesar 84,37% dikategorikan baik. Dari hasil jurnal
siswa siklus I , 81,25% tertarik dengan teknik panggil pengalaman. Selanjutnya,
hasil jurnal siklus II menunjukkan bahwa 84,37% siswa tertarik dengan teknik
panggil pengalaman karena siswa tidak terbebani dalam memilih ide, banyak
pilihan ide dari pengalaman yang pernah siswa alami. Kemudian, pada jurnal
siklus II guru menyatakan, siswa terlihat lebih antusias dalam mengikuti
pembelajaran menulis puisi.Hasil Peningkatan keterampilan menulis puisi
meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6, 03%.