Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD; dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD meliputi materi pembelajaran dan pembagian tim, menentukan skor awal, membangun tim, tes individu, dan penghargaan kelompok; (2) siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: (a) pada prasiklus 85% siswa memiliki perhatian baik dan 75% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) pada siklus I 90% siswa memiliki perhatian baik dan 90% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, dan (c) pada siklus II 90% siswa memiliki perhatian baik dan 95% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran; (3) hasil kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,4, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,4, dan nilai rata-rata pada siklus II

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Search Repository-UMP


Browse

My Account