dc.contributor.author |
Tuzzaman, Farida |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-19T07:17:35Z |
|
dc.date.available |
2018-02-19T07:17:35Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3068 |
|
dc.description.abstract |
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan
kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 5 Purworejo tahun pelajaran 2012-
2013. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes
yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi foto.
Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan teknik panggil pengalaman dalam keterampilan menulis puisi
antara lain (1) guru memberikan kesempatan kepada siswa beberapa menit untuk
mengingat pengalaman siswa yang mengesankan, (2) guru memberikan arahan
agar siswa menuliskan pengalamannya kedalam bentuk paragraf, (3) setelah
paragraf selesai siswa melanjutkan menulis puisi sesuai dengan isi paragraf yang
dibuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menulis puisi dengan teknik
panggil pengalaman mampu meningkatkan proses pembelajaran. Hasil observasi
pada siklus I sebesar 65,62% mempunyai perhatian yang baik, sikap siswa saat
pembelajaran berlangsung sebanyak 81,25% dikategorikan baik. Pada siklus II
sebanyak 71,87% mempunyai perhatian baik, dilihat siswa pada saat
pembelajaran menulis puisi sebesar 84,37% dikategorikan baik. Dari hasil jurnal
siswa siklus I , 81,25% tertarik dengan teknik panggil pengalaman. Selanjutnya,
hasil jurnal siklus II menunjukkan bahwa 84,37% siswa tertarik dengan teknik
panggil pengalaman karena siswa tidak terbebani dalam memilih ide, banyak
pilihan ide dari pengalaman yang pernah siswa alami. Kemudian, pada jurnal
siklus II guru menyatakan, siswa terlihat lebih antusias dalam mengikuti
pembelajaran menulis puisi.Hasil Peningkatan keterampilan menulis puisi
meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6, 03%. |
en_US |
dc.publisher |
PBSI-FKIP |
en_US |
dc.subject |
menulis puisi, teknik panggil pengalaman |
en_US |
dc.title |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD; dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD meliputi materi pembelajaran dan pembagian tim, menentukan skor awal, membangun tim, tes individu, dan penghargaan kelompok; (2) siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: (a) pada prasiklus 85% siswa memiliki perhatian baik dan 75% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) pada siklus I 90% siswa memiliki perhatian baik dan 90% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, dan (c) pada siklus II 90% siswa memiliki perhatian baik dan 95% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran; (3) hasil kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,4, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,4, dan nilai rata-rata pada siklus II |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |