Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD; dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD meliputi materi pembelajaran dan pembagian tim, menentukan skor awal, membangun tim, tes individu, dan penghargaan kelompok; (2) siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: (a) pada prasiklus 85% siswa memiliki perhatian baik dan 75% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) pada siklus I 90% siswa memiliki perhatian baik dan 90% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, dan (c) pada siklus II 90% siswa memiliki perhatian baik dan 95% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran; (3) hasil kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,4, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,4, dan nilai rata-rata pada siklus II

Show simple item record

dc.contributor.author Tuzzaman, Farida
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:17:35Z
dc.date.available 2018-02-19T07:17:35Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3068
dc.description.abstract Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 5 Purworejo tahun pelajaran 2012- 2013. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penerapan teknik panggil pengalaman dalam keterampilan menulis puisi antara lain (1) guru memberikan kesempatan kepada siswa beberapa menit untuk mengingat pengalaman siswa yang mengesankan, (2) guru memberikan arahan agar siswa menuliskan pengalamannya kedalam bentuk paragraf, (3) setelah paragraf selesai siswa melanjutkan menulis puisi sesuai dengan isi paragraf yang dibuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menulis puisi dengan teknik panggil pengalaman mampu meningkatkan proses pembelajaran. Hasil observasi pada siklus I sebesar 65,62% mempunyai perhatian yang baik, sikap siswa saat pembelajaran berlangsung sebanyak 81,25% dikategorikan baik. Pada siklus II sebanyak 71,87% mempunyai perhatian baik, dilihat siswa pada saat pembelajaran menulis puisi sebesar 84,37% dikategorikan baik. Dari hasil jurnal siswa siklus I , 81,25% tertarik dengan teknik panggil pengalaman. Selanjutnya, hasil jurnal siklus II menunjukkan bahwa 84,37% siswa tertarik dengan teknik panggil pengalaman karena siswa tidak terbebani dalam memilih ide, banyak pilihan ide dari pengalaman yang pernah siswa alami. Kemudian, pada jurnal siklus II guru menyatakan, siswa terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi.Hasil Peningkatan keterampilan menulis puisi meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6, 03%. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis puisi, teknik panggil pengalaman en_US
dc.title Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran berbicara yang dikembangkan dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD; dan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah mengikuti pembelajaran berbicara menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD meliputi materi pembelajaran dan pembagian tim, menentukan skor awal, membangun tim, tes individu, dan penghargaan kelompok; (2) siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: (a) pada prasiklus 85% siswa memiliki perhatian baik dan 75% siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) pada siklus I 90% siswa memiliki perhatian baik dan 90% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, dan (c) pada siklus II 90% siswa memiliki perhatian baik dan 95% siswa yang aktif mengikuti pembelajaran; (3) hasil kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,4, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,4, dan nilai rata-rata pada siklus II en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account