Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) dengan menggunakan media komik lebih baik jika dibandingkan dengan
prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model
konvensional pada materi perpangkatan bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP
Negeri 25 Purworejo.
Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 25
Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan
metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui kemampuan awal
siswa yang diambil dari nilai UN SD Mapel Matematika. Data yang diperoleh
kemudian digunakan untuk menguji keseimbangan. Sebelum uji keseimbangan,
data tersebut harus memenuhi uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes diuji cobakan sebelum
digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dihitung dengan
rumus product moment dengan angka kasar. Reliabilitas tes diuji dengan rumus
Spearman-Brown dengan pembelahan ganjil-genap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar
matematika kelas eksperimen sebesar 75,50 dan kelas kontrol sebesar 70,125.
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat tobs sebesar 1,8797 dan
ttabel sebesar 1,645 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs > ttabel, dengan 𝐷𝐾 =
{𝑡|𝑡 > 𝑡α;(𝑛1+𝑛2−2)} maka tobs ∈ DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika pada
materi perpangkatan bilangan bulat menggunakan model pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan
menggunakan media komik lebih baik dari prestasi belajar matematika
menggunakan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 25
Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.