Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Komik Pada Materi perpangkatan Bilangan Bulat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 25 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Widyaningsih
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:18:55Z
dc.date.available 2018-02-19T07:18:55Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3069
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media komik lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada materi perpangkatan bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa yang diambil dari nilai UN SD Mapel Matematika. Data yang diperoleh kemudian digunakan untuk menguji keseimbangan. Sebelum uji keseimbangan, data tersebut harus memenuhi uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrumen tes dihitung dengan rumus product moment dengan angka kasar. Reliabilitas tes diuji dengan rumus Spearman-Brown dengan pembelahan ganjil-genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 75,50 dan kelas kontrol sebesar 70,125. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat tobs sebesar 1,8797 dan ttabel sebesar 1,645 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs > ttabel, dengan 𝐷𝐾 = {𝑡|𝑡 > 𝑡α;(𝑛1+𝑛2−2)} maka tobs ∈ DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika pada materi perpangkatan bilangan bulat menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media komik lebih baik dari prestasi belajar matematika menggunakan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Student Teams Achievement Division (STAD), media komik, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Komik Pada Materi perpangkatan Bilangan Bulat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 25 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account