Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara hasil
pembelajaran matematika guru sertifikasi dengan non sertifikasi pada siswa Sekolah
Dasar Negeri se-Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran
2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua guru sertifikasi dan non sertifikasi
Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun Pela
jaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah 10 guru sertifikasi yang mengajar
181 siswa dan 6 guru non sertifikasi yang mengajar 97 siswa. Teknik sampling
yang digunakan adalah Purposive Proportionate Sampling. Teknil pengumpulan
data menggunakan metode dokumen, wawancara dan metode tes. Dari hasil pengolahan
data diperoleh rerata hasil pembelajaran matematika guru sertifikasi adalah
67 dan guru non sertifikasi adalah 77,86. Pada pengujian hipotesis yang menggunakan
uji t diperoleh diperoleh thitung = -4,87, dengan α = 0,05 diperoleh ttabel =
1,645. < maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil
pembelajaran matematika guru sertifikasi tidak lebih baik dari guru non sertifikasi.