Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar
lembar kerja siswa berbasis aktivitas siswa dilihat dari kelayakan LKS, serta
mendeskripsikan penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan bahan ajar lembar kerja siswa matematika berbasis aktivitas belajar
siswa materi keliling dan luas segitiga dan segi empat untuk siswa SMP kelas VII
semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang
dikembangkan berupa LKS matematika berbasis aktivitas belajar siswa pokok
bahasan keliling dan luas segitiga dan segi empat untuk siswa SMP kelas VII
semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada kelima
langkah model pengembangan menurut Borg and Gall, yaitu (1) studi literatur dan
pengumpulan data, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan produk
awal, (4) melakukan uji coba terbatas, dan (5) melakukan revisi terhadap produk
awal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kalibawang
tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar
evaluasi oleh guru, tes hasil belajar, dan angket penilaian siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar metematika berbasis
aktivitas belajar siswa kelas VII pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga dan
segi empat memiliki kualitas sangat layak. Penilaian siswa terhadap kegiatan
pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan analisis angket
penilaian siswa dengan skor total x = 996