Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ayah dengan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, 2) mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ibu dengan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 543 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 226 siswa yang di-tentukan dengan rumus yang dikembangan oleh Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik propotionate stratified random sampling. Teknik pengolahan data dilakukan dengan meng-gunakan analisis Korelasi Serial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ayah dengan hasil belajar matematika siswa terdapat korelasi positif (𝑟𝑥𝑎) sebesar 0,066 dan antara tingkat pendidikan formal yang dicapai ibu dengan hasil belajar terdapat korelasi positif sebesar (𝑟𝑥𝑖) 0,041. Korelasi tersebut ter-masuk dalam kategori sangat rendah. Nilai korelasi kemudian dikonsultasikan dengan nilai r product moment sebesar 0,131, sehingga diperoleh kedua nilai koe-fisien korelasi kurang dari nilai 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa antara tingkat pendidikan formal ayah dan ibu dengan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 ter-dapat hubungan positif dan tidak signifikan.