Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar siswa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditory, Intellectually,
Repetition) dipadukan Snowball Throwing lebih baik daripada model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament); (2) prestasi
belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditory,
Intellectually, Repetition) dipadukan Snowball Throwing lebih baik daripada
Strategi Pembelajaran Ekspositori;(3) prestasi belajar siswa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) lebih baik
daripada Strategi Pembelajaran Ekspositori.
Populasi penelitian adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Klirong tahun
pelajaran 2013/2014 berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 3 kelas.
Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel sama.
Dari uji hipotesis analisis variansi satu jalan dengan sel sama diperoleh:
(1) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR
(Auditory, Intellectually, Repetition) dipadukan Snowball Throwing lebih baik
daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament);
(2) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR
(Auditory, Intellectually, Repetition) dipadukan Snowball Throwing lebih baik
daripada Strategi Pembelajaran Ekspositori; (3) prestasi belajar siswa dengan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) tidak lebih
baik dari Strategi Pembelajaran Ekspositori.