Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan: 1) untuk
mengetahui proses dan struktur komunikasi matematis yang belangsung pada
proses pembelajaran matematika, 2) untuk melihat karakteristik dan kategori
komunikasi matematis dengan baik dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar, 3)
mengidentifikasi siswa yang dikategorikan melakukan komunikasi matematis
berdasarkan hal-hal yang dilakukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lebih spesifik
penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di dua Sekolah
Menengah Pertama (SMP) yakni SMPN 2 Wates dan SMPIT Logaritma
Karanganyar selama 6 bulan. Metode yang digunakan dengan metode triangulasi
dari observasi, pengamatan kelas, catatan lapangan, dokumentasi, angket, tes soal
uji coba, soal evaluasi komunikasi matematis, dan wawancara. Objek penelitian ini
mengenai komunikasi matematis berdasarkan hasil observasi dan penelitian itu
sendiri. Peneliti dapat mengidentifikasi proses-proses komunikasi matematis,
aspek-aspek komunikasi matematis, karakteristik dan kategori komunikasi
matematis, serta segala hal yang berhubungan dengan komunikasi matematis.
Subjek penelitian (informan) diambil ketika data yang diperoleh sudah jenuh dari
instrumen-instrumen penelitian. Pada penelitian ini juga dilakukan validasi
instrumen dan validasi data untuk keakuratan penelitian.
Komunikasi matematis tidak hanya terbatas pada interaksi antara guru
dengan siswa maupun antar siswa saja, akan tetapi komunikasi matematis itu
terjadi secara alami dan struktural. Komunikasi matematis yang terlihat pada
pembelajaran bangun ruang sisi datar, seperti: siswa dapat mengungkapkan ide-ide
matematika, siswa dapat menyelesaikan persoalan matematika dari soal cerita ke
dalam bentuk gambar untuk kemudian menyusun algoritma matematika. Dan juga,
siswa dapat menemukan solusi dengan cara berpikir lebih terbuka atau mencari
solusi penyelesaian yang tidak hanya terpaku pada rumus yang diberikan, tetapi
juga pada logika matematika (open solution).