Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar”. (Penelitian pada siswa kelas VIII semester II SMPN 2 Wates dan SMPIT Logaritma Karanganyar)

Show simple item record

dc.contributor.author Prasetya, Diayu Nugrahaini Putri
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:33:11Z
dc.date.available 2018-02-19T07:33:11Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3077
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan: 1) untuk mengetahui proses dan struktur komunikasi matematis yang belangsung pada proses pembelajaran matematika, 2) untuk melihat karakteristik dan kategori komunikasi matematis dengan baik dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar, 3) mengidentifikasi siswa yang dikategorikan melakukan komunikasi matematis berdasarkan hal-hal yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lebih spesifik penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) yakni SMPN 2 Wates dan SMPIT Logaritma Karanganyar selama 6 bulan. Metode yang digunakan dengan metode triangulasi dari observasi, pengamatan kelas, catatan lapangan, dokumentasi, angket, tes soal uji coba, soal evaluasi komunikasi matematis, dan wawancara. Objek penelitian ini mengenai komunikasi matematis berdasarkan hasil observasi dan penelitian itu sendiri. Peneliti dapat mengidentifikasi proses-proses komunikasi matematis, aspek-aspek komunikasi matematis, karakteristik dan kategori komunikasi matematis, serta segala hal yang berhubungan dengan komunikasi matematis. Subjek penelitian (informan) diambil ketika data yang diperoleh sudah jenuh dari instrumen-instrumen penelitian. Pada penelitian ini juga dilakukan validasi instrumen dan validasi data untuk keakuratan penelitian. Komunikasi matematis tidak hanya terbatas pada interaksi antara guru dengan siswa maupun antar siswa saja, akan tetapi komunikasi matematis itu terjadi secara alami dan struktural. Komunikasi matematis yang terlihat pada pembelajaran bangun ruang sisi datar, seperti: siswa dapat mengungkapkan ide-ide matematika, siswa dapat menyelesaikan persoalan matematika dari soal cerita ke dalam bentuk gambar untuk kemudian menyusun algoritma matematika. Dan juga, siswa dapat menemukan solusi dengan cara berpikir lebih terbuka atau mencari solusi penyelesaian yang tidak hanya terpaku pada rumus yang diberikan, tetapi juga pada logika matematika (open solution). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Komunikasi Matematis, Struktur Komunikasi Matematis, Open Solution en_US
dc.title Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar”. (Penelitian pada siswa kelas VIII semester II SMPN 2 Wates dan SMPIT Logaritma Karanganyar) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account