Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe CIRC dan RME Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Siswa untuk Menyelesaikan Soal Cerita Kelas VIII SMP N 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmayanti, Fajar
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:36:13Z
dc.date.available 2018-02-19T07:36:13Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3078
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model CIRC memiliki hasil belajar lebih baik daripada dengan model RME, (2) pada model CIRC, apakah siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, siswa dengan keaktifan sedang memiliki hasil belajar lebih baik daripada keaktifan rendah, (3) pada model RME, apakah siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan rendah, (4) apakah siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP N 23 Purworejo. Sampel penelitian ini adalah Kelas VIII F dan VIII E.. Pengambilan sampel dengan Simple Ramdom Sampling. Variabel yang diteliti berupa hasil belajar dengan tinjauan model pembelajaran dan keaktifan siswa. Pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode dokumentasi untuk data kemampuan awal,metode angket untuk data keaktifan siswa, dan metode tes untuk evaluasi hasil belajar. Instrumen pengumpulan data berupa nilai UAS semester I, angket dan tes evaluasi hasil belajar. Hasil analisis dengan Anava dua jalan dengan sel tak sama menunjukkan : (1) siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model CIRC memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada dengan model RME, (2) pada model CIRC, siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, siswa dengan keaktifan sedang memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada keaktifan rendah, (3) pada model RME, siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan keaktifan rendah, (4) siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa yang dengan keaktifan belajar matematika sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan keaktifan rendah. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject CIRC, RME, keaktifan siswa, hasil belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Tipe CIRC dan RME Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Siswa untuk Menyelesaikan Soal Cerita Kelas VIII SMP N 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account