dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah siswa yang mendapatkan
pembelajaran dengan model CIRC memiliki hasil belajar lebih baik daripada dengan
model RME, (2) pada model CIRC, apakah siswa dengan keaktifan tinggi memiliki
hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, siswa
dengan keaktifan sedang memiliki hasil belajar lebih baik daripada keaktifan rendah,
(3) pada model RME, apakah siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar
lebih baik daripada siswa dengan keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang
memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa dengan keaktifan rendah, (4) apakah
siswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar lebih baik daripada siswa
dengan keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar lebih
baik daripada siswa dengan keaktifan rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini
semua siswa kelas VIII SMP N 23 Purworejo. Sampel penelitian ini adalah Kelas
VIII F dan VIII E.. Pengambilan sampel dengan Simple Ramdom Sampling. Variabel
yang diteliti berupa hasil belajar dengan tinjauan model pembelajaran dan keaktifan
siswa. Pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode dokumentasi
untuk data kemampuan awal,metode angket untuk data keaktifan siswa, dan metode
tes untuk evaluasi hasil belajar. Instrumen pengumpulan data berupa nilai UAS
semester I, angket dan tes evaluasi hasil belajar.
Hasil analisis dengan Anava dua jalan dengan sel tak sama menunjukkan : (1)
siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model CIRC memiliki hasil belajar
tidak lebih baik daripada dengan model RME, (2) pada model CIRC, siswa dengan
keaktifan tinggi memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan
keaktifan sedang dan rendah, siswa dengan keaktifan sedang memiliki hasil belajar
tidak lebih baik daripada keaktifan rendah, (3) pada model RME, siswa dengan
keaktifan tinggi memiliki hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa dengan
keaktifan sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar tidak lebih baik
daripada siswa dengan keaktifan rendah, (4) siswa dengan keaktifan tinggi memiliki
hasil belajar tidak lebih baik daripada siswa yang dengan keaktifan belajar
matematika sedang dan rendah, keaktifan sedang memiliki hasil belajar tidak lebih
baik daripada siswa dengan keaktifan rendah. |
en_US |