Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa
yang mendapat model pembelajaran Structure Number Heads (SNH) lebih baik
dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran
Make a Match pada materi garis dan sudut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun ajaran
2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster
random sampling. Sampel yang terpilih terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII C
dan kelas VII D. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan
metode tes. Analisis datanya menggunakan dua tahap, yaitu analisis data awal dan
data akhir. Analisis data awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan
keseimbangan. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan
dilanjutkan uji hipotesis.
Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai tobs = 0,40.
Sedangkan nilai ttabel = 1,99 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga nilai tobs
kurang dari ttabel (0,40<1,99), atau dengan kata lain H0 diterima. Oleh karena itu
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran
Structure Number Heads (SNH) tidak lebih baik dibandingkan dengan prestasi
belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Make a Match pada materi garis
dan sudut.