Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan statistika pada
skripsi mahasiswa non program studi pendidikan matematika tahun 2013 dalam
menentukan ukuran pemusatan dan variasi data, (2) penggunaan statistika pada
skripsi mahasiswa non program studi pendidikan matematika tahun 2013 dalam
menguji hipotesis penelitian, (3) penggunaan metode penyajian data hasil peneliti
an pada skripsi mahasiswa non program studi pendidikan matematika tahun 2013.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek
dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa non program studi pendidikan
matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2013. Sampel diambil
sebanyak 75 skripsi dengan teknik Purposive Sampling dan Proportionate
Random Sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode
observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan statistika pada
skripsi mahasiswa non program studi pendidikan matematika tahun 2013 dalam
menentukan ukuran pemusatan data dan variasi data menggunakan statistika
sederhana dan belum digunakan secara menyeluruh, ditunjukkan dengan 100%
skripsi menggunakan mean untuk mencari rerata dari variabel pada skripsi
tersebut; 62,67 % skripsi menggunakan simpangan baku hanya untuk mengamati
jarak antara variabel terikat dengan variabel bebas; sedangkan penggunaan
statistika lainnya yaitu median 53,33%; modus 52%; rentang 38,67%, variansi
30,67%. (2) Penggunaan statistika pada skripsi mahasiswa non program studi
pendidikan matematika tahun 2013 dalam pengujian hipotesis penelitian belum
sesuai antara judul penelitian dengan statistik uji yang digunakan secara
menyeluruh, ditunjukkan dengan 48% skripsi menggunakan uji-t hanya digunakan
untuk mengetahui pengaruh antara variabel pada skripsi tersebut. Penggunaan
statistika yang lain yaitu 46,67% uji-F; 30,67% uji regresi; 18,67% uji Chi Square
(χ2); 13,33% uji Kolmogorov Smirnov; 10,67% uji korelasi; 6,67% uji Anova; dan
1,33% uji Lilliefors. (3) Metode penyajian data hasil penelitian pada skripsi
mahasiswa non program studi pendidikan matematika tahun 2013 monoton dan
kurang menarik, ditunjukkan dengan 100% menggunakan tabel dan 84% meng
gunakan diagram dalam menyajikan hasil penelitian.