Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus W.R.Supratman Kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Hayati, Nofrita Mauliza
dc.date.accessioned 2018-02-19T07:43:31Z
dc.date.available 2018-02-19T07:43:31Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3082
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahuiapakah model pembelajaran Make a Match dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan atau tidak, (2) untuk mengetahuiapakah prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah pada materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan atau tidak, (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 3.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se gugus W.R. Supratman kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 SD. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 45siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar siswa.Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Dengan α = 0.05 menunjukkan (1) Fa = 0.668<4.08 = Ftabelartinya 􀜪􀬴􀮺 diterima, (2) Fb = 14.683> 3.23 = Ftabel artinya 􀜪􀬴􀮻 ditolak, (3) Fab = 0.969< 3.23 = Ftabel artinya 􀬴􀮺􀮻 diterima. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Make a Matchtidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensionalpada materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, siswa yang memiliki motivasi belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Prestasi Belajar, Motivasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Menjumlahkan dan Mengurangkan berbagai Bentuk Pecahan Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus W.R.Supratman Kecamatan Kaligesing Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account