Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Course
Review Horay lebih baik daripada pretasi belajar matematika yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics
Project pada materi bangun ruang siswa kelas VIII MTs Salafiyah Wonoyoso
Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen
Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CRH dan kelas VIII E yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran MMP. Teknik sampling yang
digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi
menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya pada mata pelajaran matematika.
Sedangkan metode tes menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 30 soal.
Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu dengan uji t.
Hasil penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih
baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang pembelajarannya
menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen
tahun pelajaran 2013/2014.